hujan salju

Rabu, 30 Maret 2011

POMPA ( PUMP)

Pompa adalah suatu alat atau mesin yang digunakan untuk memindahkan cairan dari suatu tempat ke tempat yang lain melalui suatu media perpipaan dengan cara menambahkan energi pada cairan yang dipindahkan dan berlangsung secara terus menerus.
Pompa beroperasi dengan prinsip membuat perbedaan tekanan antara bagian masuk (suction) dengan bagian keluar (discharge). Dengan kata lain, pompa berfungsi mengubah tenaga mekanis dari suatu sumber tenaga (penggerak) menjadi tenaga kinetis (kecepatan), dimana tenaga ini berguna untuk mengalirkan cairan dan mengatasi hambatan yang ada sepanjang pengaliran.

Pompa Sentrifugal
Salah satu jenis pompa pemindah non positip adalah pompa sentrifugal yang prinsip kerjanya mengubah energi kinetis (kecepatan) cairan menjadi energi potensial (dinamis) melalui suatu impeller yang berputar dalam casing.
Sesuai dengan data-data yang didapat, pompa reboiler debutanizer di Hidrokracking Unibon menggunakan pompa sentrifugal single - stage double suction.

Klasifikasi Pompa Sentrifugal
Pompa Sentrifugal dapat diklasifikasikan, berdasarkan :
1. Kapasitas :
  • Kapasitas rendah         < 20 m3 / jam
  • Kapasitas menengah   20 -:- 60 m3 / jam
  • Kapasitas tinggi           > 60 m3 / jam
2. Tekanan Discharge :
  • Tekanan Rendah                       < 5 Kg / cm2
  • Tekanan menengah                  5 -:- 50 Kg / cm2
  • Tekanan tinggi                           > 50 Kg / cm2
3. Jumlah / Susunan Impeller dan Tingkat :
  • Single stage : Terdiri dari satu impeller dan satu casing
  • Multi stage   : Terdiri dari beberapa impeller yang tersusun seri dalam satu casing.
  • Multi Impeller : Terdiri dari beberapa impeller yang tersusun paralel dalam satu casing.
  • Multi Impeller – Multi stage :  Kombinasi multi impeller dan multi stage.
4. Posisi Poros :
  • Poros tegak
  • Poros mendatar

5. Jumlah Suction :
  • Single Suction
  • Double Suction
6. Arah aliran keluar impeller :
  • Radial flow
  • Axial flow
  • Mixed fllow

Bagian-bagian Utama Pompa Sentrifugal

Secara umum bagian-bagian utama pompa sentrifugal dapat dilihat sepert gambar  berikut :


Rumah Pompa Sentrifugal

A. Stuffing Box
Stuffing Box berfungsi untuk mencegah kebocoran pada daerah dimana poros pompa menembus casing.
B. Packing
Digunakan untuk mencegah dan mengurangi bocoran cairan dari casing pompa melalui poros. Biasanya terbuat dari asbes atau teflon.
C. Shaft (poros)
Poros berfungsi untuk meneruskan momen puntir dari penggerak selama beroperasi dan tempat kedudukan impeller dan bagian-bagian berputar lainnya.
D. Shaft sleeve
Shaft sleeve berfungsi untuk melindungi poros dari erosi, korosi dan keausan pada stuffing box. Pada pompa multi stage dapat sebagai leakage joint, internal bearing dan interstage atau distance sleever.
E. Vane
Sudu dari impeller sebagai tempat berlalunya cairan pada impeller.
F. Casing
Merupakan bagian paling luar dari pompa yang berfungsi sebagai pelindung elemen yang berputar, tempat kedudukan diffusor (guide vane), inlet dan outlet nozel serta tempat memberikan arah aliran dari impeller dan mengkonversikan energi kecepatan cairan menjadi energi dinamis (single stage).
G. Eye of Impeller
Bagian sisi masuk pada arah isap impeller.
H. Impeller
Impeller berfungsi untuk mengubah energi mekanis dari pompa menjadi energi kecepatan pada cairan yang dipompakan secara kontinyu, sehingga cairan pada sisi isap secara terus menerus akan masuk mengisi kekosongan akibat perpindahan dari cairan yang masuk sebelumnya.
I. Wearing Ring
Wearing ring berfungsi untuk memperkecil kebocoran cairan yang melewati bagian depan impeller maupun bagian belakang impeller, dengan cara memperkecil celah antara casing  dengan impeller.
J. Bearing
Beraing (bantalan) berfungsi untuk menumpu dan menahan beban dari poros agar dapat berputar, baik berupa beban radial maupun beban axial. Bearing juga memungkinkan poros untuk dapat berputar dengan lancar dan tetap pada tempatnya, sehingga kerugian gesek menjadi kecil.
 K. Casing
Merupakan bagian paling luar dari pompa yang berfungsi sebagai pelindung elemen yang berputar, tempat kedudukan diffusor (guide vane), inlet dan outlet nozel serta tempat memberikan arah aliran dari impeller dan mengkonversikan energi kecepatan cairan menjadi energi dinamis (single stage).

Kapasitas Pompa
Kapasitas pompa adalah banyaknya cairan yang dapat dipindahkan oleh pompa setiap satuan waktu . Dinyatakan dalam satuan volume per satuan waktu, seperti :
  • Barel per day (BPD)
  • Galon per menit (GPM)
  • Cubic meter per hour (m3/hr)
Head Pompa
Head pompa adalah energi per satuan berat yang harus disediakan untuk mengalirkan sejumlah zat cair yang direncanakan sesuai dengan kondisi instalasi pompa, atau tekanan untuk mengalirkan sejumlah zat cair,yang umumnya dinyatakan dalam satuan panjang.
Menurut persamaan Bernauli, ada tiga macam head (energi) fluida dari sistem instalasi aliran, yaitu, energi tekanan, energi kinetik dan energi potensial
Hal ini dapat dinyatakan dengan rumus sebagai berikut :


Karena energi itu kekal, maka bentuk head (tinggi tekan) dapat bervariasi pada penampang yang berbeda. Namun pada kenyataannya selalu ada rugi energi (losses).


Pada kondsi yang berbeda seperti pada gambar di atas maka persamaan Bernoulli adalah sebagai berikut :




1. Head Tekanan
Head tekanan adalah perbedaan head tekanan yang bekerja pada permukaan zat cair pada sisi tekan dengan head tekanan yang bekerja pada permukaan zat cair pada sisi isap.
Head tekanan dapat dinyatakan dengan rumus : 


2. Head Kecepatan
Head kecepatan adalah perbedaan antar head kecepatan zat cair pada saluran tekan dengan head kecepatan zat cair pada saluran isap.
Head kecepatan dapat dinyatakan dengan rumus :


3. Head Statis Total
Head statis total adalah perbedaan tinggi antara permukaan zat cair pada sisi tekan dengan permukaan zat cair pada sisi isap.
Head statis total dapat dinyatakan dengan rumus :
Z = Zd - Zs(5)
Dimana  :
Z   :   Head statis total
Zd  :   Head statis pada sisi tekan
Zs   :   Head statis pada sisi isap
Tanda  +   :   Jika permukaan zat cair pada sisi isap lebih rendah dari sumbu pompa (Suction lift).
Tanda  -   :  Jika permukaan zat cair pada sisi isap lebih tinggi dari sumbu pompa (Suction head).



4. Kerugian head (head loss)
Kerugian energi per satuan berat fluida dalam pengaliran cairan dalam sistem perpipaan disebut sebagai kerugian head (head loss).
Head loss terdiri dari :
a. Mayor head loss (mayor losses)
Merupakan kerugian energi sepanjang saluran pipa yang dinyatakan dengan rumus :


Harga f (faktor gesekan) didapat dari diagram Moody (lampiran - 6) sebagai fungsi dari Angka Reynold (Reynolds Number) dan Kekasaran relatif (Relative Roughness  - Îµ/D  ), yang nilainya dapat dilihat pada grafik (lampiran) sebagai fungsi dari nominal diameter pipa dan kekasaran permukaan dalam pipa (e) yang tergantung dari jenis material pipa.
Sedangkan besarnya Reynolds Number dapat dihitung dengan rumus :


b. Minor head loss (minor losses)
Merupakan kerugian head pada fitting dan valve yang terdapat sepanjang sistem perpipaan. Dapat dicari dengan menggunakan Rumus :

Dalam menghitung kerugian pada fitting dan valve dapat menggunakan tabel pada lampiran 4. Besaran ini menyatakan kerugian pada fitting dan valve dalam ukuran panjang ekivalen dari pipa lurus.

c. Total Losses
Total losses merupakan kerugian total sistem perpipaan, yaitu :


Daya Pompa

Daya pompa adalah besarnya energi persatuan waktu atau kecepatan melakukan kerja.
Ada beberapa pengertian daya, yaitu :
1.Daya hidrolik (hydraulic horse power)
Daya hidrolik (daya pompa teoritis) adalah daya yang dibutuhkan untuk mengalirkan sejumlah zat cair. Daya ini dapat dihitung dengan rumus :

2. Daya Poros Pompa (Break Horse Power)
Untuk mengatasi kerugian daya yang dibutuhkan oleh poros yang sesungguhnya adalah lebih besar dari pada daya hidrolik.
Besarnya daya poros sesungguhnya adalah sama dengan effisiensi pompa atau dapat dirumuskan sebagai berikut :

3. Daya Penggerak (Driver)
Daya penggerak (driver) adalah daya poros dibagi dengan effisiensi mekanis (effisiensi transmisi). Dapat dihitung dengan rumus :

Effisiensi Pompa
Effisiensi pada dasarnya didefinisikan sebagai perbandingan antara output dan input atau perbandingan antara HHP Pompa dengan BHP pompa.
Harga effisiensi yang tertinggi sama dengan satu harga effisiensi pompa yang  didapat dari pabrik pembuatnya.
Effisiensi pompa merupakan perkalian dari beberapa effiaiensi, yaitu:

Referensi utama :  Ir. Sularso, MSME dan Prof. Dr. Haruo Tahara, Pompa dan Kompresor, PT Pradnya Paramita, Jakarta, 1983.
 Lampiran :
 Grafik fungsi dari Angka Reynold (Reynolds Number) dan Kekasaran relatif (Courtesy of www.fao.org/) :






SYSTEM PENYEKAT PADA POMPA
Menyambung pembahasan saya mengenai pompa pada tulisan sebelumnya. Kali ini saya akan sedikit mengulas tentang system penyekatan (Sealing System).
Pemilihan yang tepat pada sebuah seal sangat penting bagi keberhasilan pemakaian pompa. Untuk mendapatkan kehandalan pompa yang terbaik, pilihan penyekat harus tepat antara jenis seal dan lingkungan yang dipakai.

Dasar-dasar Penyekat (Seal)

Ada dua jenis seal: statis dan dinamis.

Seal statis dipakai di mana tidak ada gerakan yang  terjadi  pertemuan antara kedua permukaan yang akan disekat. Gasket dan O-ring merupakan contoh yang umum dari seal statis.

Seal Dinamis digunakan di mana ada permukaan yang bergerak relatif terhadap satu sama lain. Seal dinamis  misalnya digunakan pada poros yang berputar dan menghantarkan  power melalui dinding sebuah tangki (Gambar 1), melalui casing dari pompa (Gambar 2), atau melalui rumah peralatan berputar lainnya seperti filter atau layar.


Contoh umum dari pemakaian alat-alat penyekat adalah penyekat untuk poros yang berputar pada pompa. Untuk mengetahui lebih banyak tentang fungsi dari penyekat ini, kita harus tahu terlebih dahulu dasar-dasar pengetahuan pompa.
Pada pompa sentrifugal, cairan masuk ke pompa melalui bagian ‘suction’ pada pusat (eye) impeller yang berputar. (gambar 3 dan 4).



Pada saat kipas impeller berputar, mereka menghantarkan gerakan untuk memasukan produk, yang kemudian meninggalkan impeller, dikumpulkan di dalam rumah pompa(casing) dan meninggalkan pompa melalui tekanan pada sisi keluar (discharge) pompa.
Tekanan discharge akan menekan beberapa produk ke bawah di belakang impeller menuju poros, di mana ia akan mencoba keluar sepanjang poros yang berputar. Pabrik pembuat pompa menggunakan berbagai macam teknik untuk mengurangi adanya tekanan produk yang mencoba keluar. Beberapa cara yang umum dilakukan adalah:
  1. Penambahan lobang penyeimbang (balance hole) melalui impeller untuk memberikan jalan bagi tekanan yang akan keluar melalui sisi isap impeller.
  2. Penambahan kipas pada sisi belakang impeller (back pump-out vanes).
Bagaimanapun juga, sepanjang tidak ada jalan untuk mengurangi adanya tekanan ini seluruhnya, maka peralatan penyekat mutlak diperlukan untuk membatasi keluarnya produk. Seperti penyekat kompresi (packing )atau penyekat mekanis (mechanical seals).
Stuffing Box Packing
Pengaturan penggunaaan ‘stuffing box’ ditunjukan pada gambar di bawah. Ia terdiri dari:
  1. 5 ring packing.
  2. Sebuah lantern ring yang digunakan untuk menginjeksi peluamas dan atau untuk membuang cairan
  3. Sebuah penekan (gland) untuk menahan packing dan menjaga kebutuhan tekanan yang disesuaikan dengan kondisi pengencangan packing.

Fungsi dari packing adalah untuk mengontrol kebocoran, bukan untuk mencegah seluruh kebocoran. Karena packing harus selalu terlumasi dan kebocoran yang dianjurkan untuk menjaga adanya pelumasan adalah sekitar 40 sampai 60 tetes per menit.
Metode pelumasan pada packing tergantung pada ko0ndisi cairan yang dipompa dan juga tekanan pada stuffing box. Ketika tekanan stuffing box di atas tekanan atmosfir dan cairan yang ditekan bersih dan tidak korosif, maka cairan pada pompa  itulah yang berfungsi sebagai pelumas paking. (gambar 6).



Tatkala tekanan pada stuffing box di bawah tekanan atmosfir, sebuah lantern ring di pasang dan pelumas di injeksikan ke dalam stuffing box. (gambar 7). Sebuah pipa bypass dari sisi tekan pompa ke penghubung lantern ring umumnya dipakai untuk menyediakan aliran cairan jika cairannya bersih.



Manakala cairan yang dipompakan kotor atau berpartikel, perlu diinjeksikan cairan pelumas yang bersih dari luar melalui lantern ring (gambar 8). Aliran sebanyak 0.2 sampai 0.5 gpm diperlukan dan sebuah keran pengatur serta flowmeter perlu dipasang untuk mendapatkan aliran yang akurat. Lantern ring biasanya dipasang pada tengah stuffing box, tetapi untuk cairan yang sangat kental seperti bahan baku kertas disarankan dipasang di leher stuffing box untuk menghindari tersumbatnya lantern ring.


Rumah packing (gland) pada gambar 5 sampai 8 merupakan tipe ‘quench gland’. Air, minyak atau cairan lainnya dapat diinjeksi ke dalam gland untuk mengurangi panas poros, ia dapat memperkecil perpindahan panas dari poros ke rumah bearing. Alasan inilah yang membolehkan temperatur kerja dari pompa lebih tinggi dari tempertur desain bearing dan pelumas.Tipe ‘quench gland’ yang sama dapat digunakan untuk mencegah keluarnya racun atau cairan berbahaya keluar ke udara luar di sekitar pompa. Ini dinamakan ‘smothering gland’, dengan mengalirkan cairan dari luar dan membawa kebocoran yang tidak diinginkan ke parit atau tangki pengumpul cairan bekas.

MECHANICAL SEAL

Pengertian
Mechanical Seal, apabila diterjemahkan secara bebas, adalah alat pengeblok mekanis. Namun penerjemahan tersebut menjadi lebih susah dimengerti dan dibayangkan bila dibandingkan pengertian teknisnya. Mengapa? Karena pengertian seal mekanis mengandung arti begitu luas. Apakah semua tipe seal mekanis bisa disebut dengan mechanical seal? O-ring merupakan seal mekanikal, demikian juga Labyrinth Seal, namun keduanya jelas bukan MechanicalSeal.

Mechanical seal yang dibahas pada situs ini adalah suatu tipe Seal yang dipakai pada pompa-pompa kelas industri, agitator, mixer, chiller dan semua rotating equipment (mesin-mesin yang berputar).

Untuk mempermudah pemahaman, maka situs ini merasa perlu menyatakan penulisan mechanical seal yang ideal adalah Mechanical Seal dan disepakati terlebih dahulu bahwa mechanical seal pada dasarnya adalah masuk golongan seal. Seal tidak akan diterjemahkan namun diperjelas pengertiannya lewat serangkaian contoh.
Terminologi
Yang paling susah buat pemula adalah pengertian atas istilah-istilah yang digunakan dalam penyebutan bagian mechanical seal. Untuk itu mari kita samakan persepsi dahulu atas hal-hal sebagai berikut:

SHAFT adalah as/bagian poros sebuah alat dan merupakan bagian utama dari mesin-mesin yang berputar. Buku manual mesin-mesin lebih sering menggunakan kata shaft dibandingkan as.

SHAFT SLEEVE adalah sebuah bushing/adapter yang berbentuk selongsong yang terpasang pada shaft dengan tujuan melindungi shaft akibat pengencangan baut/screw MechanicalSeal.

SEAL adalah suatu part/bagian dalam sebuah konstruksi alat/mesin yang berfungsi untuk sebagai penghalang/pengeblok keluar/masuknya cairan, baik itu fluida proses maupun pelumas. Pada sepeda motor atau mobil sering kali bengkel bilang karet sil, sil-as kruk, oil-seal. Analogi lainnya, coba anda bayangkan sebuah aquarium. Apa yang akan terjadi jika kaca-kaca ditempelkan tanpa diberi lem kaca/sealant?
Lem kaca setelah mengeras, pada kondisi tersebut adalah seal. Bisa disepakati bahwa Seal lebih merujuk pada pengertian suatu fungsi. Apapun bentuk dan materialnya, apabila berfungsi untuk mencegah kebocoran, maka dia disebut sebagai Seal.

O-RING awalnya adalah merujuk pada karet berbentuk bundar yang berfungsi sebagai Seal. Perkembangan teknologi o-ring sebagai alat pengeblok cairan sekunder (secondary sealing device) menghasilkan berbagai tipe o-ring berdasarkan materialnya. Material o-ring, ada dari karet alam, EPDM, Buna, Neoprene, Viton, Chemraz, Kalrez, Isolast hingga tipe Encapsulated O-Ring, dimana o-ring dibalut dengan PTFE. Ada pula yang murni dibuat dari PTFE dan disebut dengan Wedge.

SEALFACE adalah bagian paling penting, paling utama dan paling kritis dari sebuah Mechanical Seal dan merupakan titik PENGEBLOK CAIRAN UTAMA (primary sealing device) Terbuat dari bahan Carbon atau Silicone Carbide atau Tungsten Carbide atau keramik atau Ni-resist, dengan serangkaian teknik pencampuran. Permukaan material yang saling bertemu (contact) dibuat sedemikian halusnya hingga tingkat kehalusan / kerataan permukaan mencapai 1 - 2 lightband.
Seringkali Sealface disebut juga dengan contact face. Seal faces berarti ada 2 sealface. Yang satu diam dan melekat pada dinding pompa, dan yang lainnya berputar, melekat pada shaft.
Yang berputar biasanya terbuat dari bahan yang lebih lunak/soft. Kombinasinya bisa berupa carbon versus silicone carbide, carbon vs ceramic, carbon vs tungten carbide, silicone carbide vs silicone carbide, silicone carbide vs tungsten carbide.
Setelah memahami bagian-bagian yang menyusun Mechanical Seal, maka bisa dilanjutkan bahwa MechanicalSeal adalah suatu sealing device yang merupakan kombinasi menyatu antara sealface yang melekat pada shaft yang berputar dan sealface yang diam dan melekat pada dinding statis casing/housing pompa/tangki/vessel/kipas.
Sealface yang ada pada shaft yang berputar seringkali disebut sebagai Rotary Face/Primary Ring. Sedangkan Sealface yang diam atau dalam kondisi stasioner sering disebut sebagai StationaryFace / Mating Ring / Seat.


Dengan demikian bisa diambil simpulan definisi Mechanical Seal adalah Sebuah alat pengeblok cairan/gas pada suatu rotating equipment, yang terdiri atas:
  1. Dua buah sealface yang bisa aus, dimana salah satu diam dan satunya lagi berputar, membentuk titik pengeblokan primer (primary sealing).
  2. Satu atau sekelompok o-ring/bellows/PTFE wedge yang merupakan titik pengeblokan sekunder (secondary sealing).
  3. Alat pembeban mekanis untuk membuat sealface saling menekan.
  4. Asesoris metal yang diperlukan untuk melengkapi rangkaian Mechanical Seal.
Cara Kerja Mechanical Seal
Titik utama pengeblokan dilakukan oleh dua sealfaces yang permukaannya sangat halus dan rata. Gesekan gerak berputar antara keduanya meminimalkan terjadinya kebocoran. Satu sealface berputar mengikuti putaran shaft, satu lagi diam menancap pada suatu dinding yang disebut dengan Glandplate.
Meterial dua sealfaces itu biasanya berbeda. Yang satu biasanya bersifat lunak, biasanya carbon-graphite, yang lainnya terbuat dari material yang lebih keras seperti silicone-carbide.

Pembedaan antara material yang digunakan pada stationary sealface dan rotating sealface aalah untuk mencegah terjadinya
adhesi antara dua buah sealfaces tersebut. Pada sealface yang lebih lunak biasanya terdapat ujung yang lebih kecil sehingga sering dikenal sebagai wear-nose (ujung yang bisa habis atau aus tergesek).



Ada 4 (empat) titik sealing/pengeblokan, yang juga merupakan jalur kebocoran jika titik pengeblokan tersebut gagal.

Silakan lihat gambar di atas. Titik pengeblokan utama (primary sealing) adalah pada contactface, titik pertemuan 2 buah sealfaces, lihat Point A. Jalur kebocoran di Point B diblok oleh suatu O-Ring, atau V-Ring atau Wedge (baca: WED). Sedangkan jalur kebocoran di Point C dan Point D, diblok dengan gasket atau O-Ring.

Point B, C & D disebut dengan secondary sealing.

KAVITASI

Kavitasi adalah fenomena perubahan phase uap dari zat cair yang sedang mengalir, karena tekanannya berkurang hingga di bawah tekanan uap jenuhnya. Pada pompa bagian yang sering mengalami kavitasi adalah sisi isap pompa. Hal ini terjadi jika tekanan isap pompa terlalu rendah hingga dibawah tekanan uap jenuhnya, hal ini dapat menyebabkan :
  • Suara berisik, getaran atau kerusakan komponen pompa tatkala gelembung-gelembung fluida tersebut pecah ketika melalui daerah yang lebih tinggi tekanannya
  • Kapasitas pompa menjadi berkurang
  • Pompa tidak mampu membangkitkan head (tekanan)
  • Berkurangnya efisiensi pompa.
Secara umum, terjadinya kavitasi diklasifikasikan atas 5 alasan dasar :
1. Vaporisation - Penguapan.
Fluida menguap bila tekanannya menjadi sangat rendah atau temperaturnya menjadi sangat tinggi. Setiap pompa sentrifugal memerlukan head(tekanan) pada sisi isap untuk mencegah penguapan. Tekanan yang diperlukan ini, disiapkan oleh pabrik pembuat pompa dan dihitung berdasarkan asumsi bahwa air yang dipompakan adalah 'fresh water' pada suhu 68oF. Dan ini disebut Net Positive Suction Head Available (NPSHA)
Karena ada pengurangan tekanan (head losses) pada sisi suction( karena adanya valve, elbow, reduser, dll), maka kita harus menghitung head total pada sisi suction dan biasa disebut Net Positive Suction Head is Required (NPSHR).
Nah nilai keduanya mempengaruhi terjadinya penguapan, maka untuk mencegah penguapan, syaratnya adalah :
NPSHA - Vp ≥ NPSHR
Dimana Vp : Vapor pressure fluida yang dipompa.
Dengan kata lain untuk memelihara supaya vaporization tidak terjadi maka kita harus melakukan hal berikut :
1. Menambah Suction head, dengan :
  • Menambah level liquid di tangki.
  • Meninggikan tangki.
  • Memberi tekanan tangki.
  • Menurunkan posisi pompa(untuk pompa portable).
  • Mengurangi head losses pada suction piping system. Misalnya dengan mengurangi jumlah fitting, membersihkan striner, cek mungkin venting tangki tertutup) atau bertambahnya speed pompa.
2. Mengurangi Tempertur fluida, dengan :
  • Mendinginkan suction dengan fluida pendingin
  • Mengisolasi suction pompa
  • Mencegah naiknya temperature dari bypass system dari pipa discharge.
3. Mengurangi NPSHR, dengan :
  • Gunakan double suction. Ini bias mengurangi NPSHR sekitar 25 % dan dalam beberapa kasus memungkinkan penambahan speed pompa sebesar 40 %.
  • Gunakan pompa dengan speed yang lebih rendah.
  • Gunakan impeller pompa yang memiliki bukaan 'lobang' (eye) yang lebih besar.
  • Install Induser, dapat mereduksi NPSHR sampai 50 %.
  • Gunakan pompa yang lebih kecil. Menggunakan 3 buah pompa kecil dengan ukuran kapasitas separuhnya, hitungannya lebih murah dari pada menggunakan pompa besar dan spare-nya. Lagi pula dapat menghemat energy.
 KAVITASI PADA POMPA (II)

Pada bagian pertama tulisan yang lalu, kita telah mengenal apa itu kavitasi, efek yang ditimbulkannya dan klasifikasi kavitasi,yaitu :

1. Vaporisation - Penguapan.
Selanjutnya kita kaji secara singkat klasifikasi yang kedua 

2. Air Ingestion - Masuknya Udara Luar ke Dalam System
Pompa sentrifugal hanya mampu meng'handle' 0.5% udara dari total volume. Lebih dari 6% udara, akibatnya bisa sangat berbahaya, dapat merusak komponen pompa.
Udara dapat masuk ke dalam system melalui beberapa sebab, antara lain :
  • Dari packing stuffing box (Bagian A - Lihat Gambar). Ini terjadi, jika pompa dari kondensor, evaporator atau peralatan lainnya bekerja pada kondisi vakum.
  • Letak valve di atas garis permukaan air (water line).
  • Flens (sambungan pipa) yang bocor.
  • Tarikan udara melalui pusaran cairan (vortexing fluid).
  • Jika 'bypass line' letaknya terlalu dekat dengan sisi isap, hal ini akan menambah suhu udara pada sisi isap.
  • Berkurangnya fluida pada sisi isap, hal ini dapat terjadi jika level cairan terlalu rendah.


Vortexing Fluida
Keduanya, baik penguapan maupun masuknya udara ke dalam system berpengaruh besar terhadap kinerja pompa yaitu pada saat gelembung-gelembung udara itu pecah  ketika melewati 'eye impeller'(Bagian G - Lihat Gambar) sampai pada sisi keluar (Sisi dengan tekanan yang lebih tinggi). Terkadang, dalam beberapa kasus dapat merusak impeller atau casing. Pengaruh terbesar dari adanya jebakan udara ini adalah berkurangnya kapasitas pompa.

3. Internal Recirculation - Sirkulasi Balik di dalam System
Kondisi ini dapat terlihat pada sudut terluar (leading edge) impeller, dekat dengan diameter luar, berputar balik ke bagian tengah kipas. Ia dapat juga terjadi pada sisi awal isap pompa.
Efek putaran balik ini dapat menambah kecepatannya sampai ia menguap dan kemudian 'pecah' ketika melalui tempat yang tekanannya lebih tinggi. Ini selalu terjadi pada pompa dengan NPSHA yang rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, kita harus tahu nilai Suction Spesific Speed , yang dapat digunakan untuk mengontrol pompa saat beroperasi, berapa nilai terdekat yang teraman terhadap nilai BEP(Best Efficiency Point)  pompa yang harus diambil untuk mencegah terjadinya masalah.
Nilai Suction Spesific Speed yang diijinkan adalah antara 3.000 sampai 20.000. Rumus yang dipakai adalah :


Dimana :         
 rpm           = Kecepatan Pompa
Capacity    = Gallons per menit, atau liters per detik  dari impeller   terbesar pada nilai BEP(Best Efficiency Point) -nya.
Head         = Net Positive Suction Head is Required (feet atau meter)pada nilai rpm-nya.
Catatan penting :
  • Untuk pompa double suction, kapasitas dibagi 2 karena ada 2 impeller eyes.
  • Ideal untuk 'membeli' pompa dengan nilai Suction Spesific Speed kurang dari 8500(5200 metrik) kecuali untuk kondisi yang ekstrim.
  • Mixed Hydrocarbon dan air panas idealnya pada 9000 ÷ 12000 (5500÷7300 metric) atau lebih tinggi, lebih bagus.
  • Nilai Suction Spesific Speed yang tinggi menandakan impeller eye-nya lebih besar dari biasanya dan biasanya nilai efisiensinya disesuaikan dengan nilai NPSHR yang rendah.
  • Lebih tinggi nilai Suction Spesific Speed memerlukan desain khusus, operasinya memungkinkan adanya kavitasi.
  • Biasanya, pompa yang beroperasi dibawah 50% dari nilai BEP-nya tidak reliable.

Jika kita memakai open impeller, kita dapat mengoreksi internal recirculation dengan mengatur suaian(clearance) impeller sesuai dengan spesifikasi pabrik pembuatnya.


Jenis impeller
Untuk jenis Closed Impeller lebih banyak masalahnya dan kebanyakan pada prakteknya dikembalikan ke pabrik pembuatnya untuk di evaluasi atau mungkin didesain ulang pada impellernya atau perubahan ukuran suaian(clearance) pada wearing ring.

KAVITASI PADA POMPA (III)
 
Pada dua tulisan yang lalu : di sini dan di sini, kita telah mengenal apa itu kavitasi, efek yang ditimbulkannya dan klasifikasi kavitasi,yaitu :

1. Vaporisation - Penguapan.
2. Air Ingestion - Masuknya Udara Luar ke Dalam System
3. Internal Recirculation - Sirkulasi Balik di dalam System
Selanjutnya kita kaji secara singkat klasifikasi yang keempat :
4. Turbulence - Pergolakan Aliran
Kita selalu menginginkan aliran fluida pada kecepatan yang konstan. Korosi dan hambatan yang ada pada system perpipaan dapat merubah kecepatan fluida dan setiap ada perubahan kecepatan, tekanannya juga berubah. Untuk menghambat hal tersebut, perlu dilakukan perancangan system perpipaan yang baik. Antara lain memenuhi kondisi berikut :
Jarak minimum antara suction pompa dengan elbow yang pertama minimal 10 X diameter pipa.Pada pengaturan banyak pompa, pasang suction bells pada bays yang terpisah, sehingga satu sisi isap pompa tidak akan mengganggu yang lainnya. Jika ini tidak memungkinkan, beberapa buah pompa bisa dipasang pada satu bak isap (sump) yang besar, dengan syarat :
    • Posisi pompa tegak lurus dengan arah aliran.
    • Jarak antara dua 'center line' pompa minimum dua kali suction diameter.
    • Semua pompa dalam keadaan 'runing'.
    • Bagian piping upstream paling tidak memiliki pipa yang lurus dengan panjang minimal 10 x diameter pipa.
    • Setiap pompa harus memiliki kapasitas kurang dari 15.000 gpm.
    • Suaian dasar pompa seharusnya sekitar 30% diameter pipa isap.
    • Hubungan kedalaman pemasangan pompa dengan kapasitas disesuaikan dengan table berikut :
Kapasitas
Kedalaman Minimum
20,000 GPM
4 FEET
100,000 GPM
8 FEET
180,000 GPM
10 FEET
200,000 GPM
11 FEET
250,000 GPM
12 FEET
Untuk metrik :
Kapasitas
Kedalaman Minimum
4,500 M3/HR
1.2 METERS
22,500 M3/HR
2.5 METERS
40,000 M3/HR
3.0 METERS
45,000 M3/HR
3.4 METERS
55,000 M3/HR
3.7 METERS
5. Vane Passing Syndrome
Kerusakan akibat kavitasi jenis ini terjadi ketika diameter luar impeller lewat terlalu dekat dengan 'cutwater' pompa. Kecepatan aliran fluida ini bertambah tatkala alirannya melalui lintasan kecil tersebut, tekanan berkurang dan menyebabkan penguapan lokal. Gelembung udara yang terbentuk kemudian pecah pada tempat yang memiliki tekanan yang lebih tinggi, sedikit diluar alur cutwater. Hal inilah yang menyebabkan kerusakan pada volute(rumah keong) pompa.
Untuk mencegah pergerakan poros yang berlebihan, beberapa pabrik pembuat memasang bulkhead rings pada suction eye. Pada sisi keluar (discharge), ring dapat dibuat untuk memperpanjang sisi keluar dari dinding discharge sampai selubung impeller.

PENGARUH KAVITASI TERHADAP KINERJA POMPA
 
Pada empat tulisan sebelumnya kita telah mengenal pengaruh kavitasi dan klasifikasi kavitasi berdasarkan penyebab utamanya.
Kali ini kita kembali memperdalam pengaruh kavitasi ini secara lebih detil. Sebelumnya kita telah tahu pengaruh kavitasi secara umum adalah sebagai berikut :
  • Berkurangnya kapasitas pompa
  • Berkurangnya head (pressure)
  • Terbentuknya gelembung-gelembung udara pada area bertekanan rendah di dalam selubung pompa (volute)
  • Suara bising saat pompa berjalan.
  • Kerusakan pada impeller atau selubung pompa(volute).
Pada tulisan ini akan kita bahas kenapa semua itu bisa terjadi.
Kavitasi dinyatakan dengan cavities atau lubang di dalam fluida yang kita pompa. Lubang ini juga dapat dijelaskan sebagai gelembung-gelembung, maka kavitasi sebenarnya adalah pembentukan gelembung-gelembung dan pecahnya gelembung tersebut. Gelembung terbentuk tatkala cairan mendidih. Hati-hati untuk menyatakan mendidih itu sama dengan air yang panas untuk disentuh, karena oksigen cair juga akan mendidih dan tak seorang pun menyatakan itu panas.
Mendidihnya cairan terjadi ketika ia terlalu panas atau tekananya terlalu rendah. Pada tekanan permukaan air laut 1 bar (14,7 psia) air akan mendidih pada suhu 212oF (100oC). Jika tekanannya turun air akan mendidih pada suhu yang lebih rendah. Ada tabel yang menyatakan titik didih air pada setiap suhu yang berbeda. Sebagai contoh dapat dilihat tabel berikut :
Fahrenheit
Centigrade
Vapor pressure lb/in2 A
Vapor pressure (Bar) A
40
4.4
0.1217
0.00839
100
37.8
0.9492
0.06546
180
82.2
7.510
0.5179
212
100
14.696
1.0135
300
148.9
67.01
4.62
Satuan tekanan di sini yang digunakan adalah absolute bukan pressure gauge, ini jamak dipakai tatkala kita berbicara mengenai sisi isap pompa untuk menghindari tanda minus. Maka saat menyebut tekanan atmosfir nol, kita katakan 1 atm sama dengan 14,7 psia pada permukaan air laut dan pada sistim metrik kita biasa memakai 1 bar atau 100 kPa.
Kita balik ke paragraf pertama untuk menjelaskan akibat dari kavitasi, sehingga kita lebih tahu apa sesungguhnya yang terjadi.

Kapasitas Pompa Berkurang
  • Ini terjadi karena gelembung-gelembung udara banyak mengambil tempat(space), dan kita tidak bisa memompa cairan dan udara pada tempat dan waktu yang sama. Otomatis cairan yang kita perlukan menjadi berkurang.
  • Jika gelembung itu besar pada eye impeller, pompa akan kehilangan pemasukan dan akhirnya perlu priming (tambahan cairan pada sisi isap untuk menghilangkan udara).
Tekanan (Head) kadang berkurang
Gelembung-gelembung tidak seperti cairan, ia bisa dikompresi (compressible). Nah, hasil kompresi inilah yang menggantikan head, sehingga head pompa sebenarnya menjadi berkurang.

Pembentukan gelembung pada tekanan rendah karena mereka tidak bisa terbentuk pada tekanan tinggi.
Kita harus selalu ingat bahwa jika kecepatan fluida bertambah, maka tekanan fluida akan berkurang. Ini artinya kecepatan fluida yang tinggi pasti di daerah bertekanan rendah.
Ini akan menjadi masalah setiap saat jika ada aliran fluida melalui pipa terbatas, volute atau perubahan arah yang mendadak. Keadaan ini sama dengan aliran fluida pada penampang kecil antara ujung impeller dengan volute cut water.

Bagian-bagian Pompa Rusak
  • Gelembung-gelembung itu pecah di dalam dirinya sendiri, ini dinamakan imploding kebalikan dari exploding. Gelembung-gelembung itu pecah dari segala sisi, tetapi bila ia jatuh menghantam bagian dari metal seperti impeller atau voluteia tidak bisa pecah dari sisi tersebut, maka cairan masuk dari sisi kebalikannya pada kecepatan yang tinggi dilanjutkan dengan gelobang kejutan yang mampu merusak part pompa. Ada bentuk yang unik yaitu bentuk lingkaran akibat pukulan ini, dimana metal seperti dipukul dengan 'ball peen hammer'.
  • Kerusakan ini kebanyakan terjadi membentuk sudut ke kanan pada metal, tetapi pengalaman menunjukan bahwa kecepatan tinggi cairan kelihatannya datang dari segala sudut.
Semakin tinggi kapasitas pompa, kelihatannya semakin mungkin kavitasi terjadi. Nilai Specific speed pump yang tinggi mempunyai bentuk impeller yang memungkinkan untuk beroperasi pada kapasitas yang tinggi dengan power yang rendah dan kecil kemungkinan terjadi kavitasi. Hal ini biasanya dijumpai pada casing yang berbentuk pipa, dari pada casing yang berbentuk volute seperti yang sering kita lihat.

70 komentar:

  1. Terimakasih Tulisannya... good... teruskan menulis dan membagikan ilmu bermanfaat bagi orang lain adalah pahala yang tak terhingga

    BalasHapus
    Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
    2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. terimakasih bahan refrensinya

    BalasHapus
  3. Keren mas...cuma mau tanya...kok rumus dan kenyataan berbeda yaaa...bisa di cek loh.misal : Q (debit) : 120 m3/H , Head : 46 meter , 1450 rpm , diameter impeller 12" inch , Inlet (suction) dia. 8"inch , Outlet (discharge) dia. 5 1/2"inch, nah berapa kah Daya Pompanya, untuk menentukan motor elektrik yang akan di pasang pada pump tersebut diatas?

    (Nb : Pada nameplate pump ada spec. bahwa pompa dipasang dgn motor 45 kW.) , tapi saat dihitung dengan rumus , daya berbeda dgn nameplate pump.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan ini memang sudah satu tahun yang lalu, tapi apabila diperkenankan saya akan mencoba membantu. Pada rumus biasanya merupakan nilai ideal. Sedangkan pada nameplate Powernya akan lebih besar karena harus mempertimbangkan ketidak efisienan motor listrik, slip pada motor listrik, beban impeller, losses, dan lain-lain.

      http://esparindopump.blogspot.com

      Hapus
    2. wiidiihh keren banget terimakasih begitu banyak pencerahan,,

      Hapus
  4. kalau pengertian panjang ekivalen sendiri apa ya .. mohon bantuan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon izin untuk membantu menjawab.

      Mbak Dewi, panjang ekivalen itu biasanya disebut equivalent length (equivalent head). Artinya friction loss pada pipa dan fitting-fitting harus dirubah menjadi satuan umum yang sinkron dengan satuan spesifikasi pompa. Biasanya disebut Head dan satuan metriknya adalah "meter".

      http://esparindopump.blogspot.com/

      Hapus
    2. panjang setara pada pipa yang memiliki head loss atau pressure drop yang sama dengan alat yang di equivalentkan, misalnya elbow head loss nya 2 m, maka kalau elbow ini disetarakan dengan pipa maka pipa penggantinya itu panjangnya berapa m supaya head lossnya juga 2m. Sehingga panjang pipa inilah yang disebut panjang equivalent.

      Hapus
  5. Saya menyukai artikel ini terutama penjelasan yang mendetail di bagian gland packing, mechanical seal dan cavitation. Akan saya bookmark halaman ini. Semoga pemilik blog terus memaparkan lebih banyak lagi mengenai pemompaan.

    Saya sendiri mempunyai beberapa artikel yang mungkin dapat membantu. Artikelnya tidak sebanding dengan artikel pada blog ini yang sangat mendetail, artikel saya disusun dengan bahasa sederhana dan pembahasan singkat. Bila para pembaca berkenan, silahkan mengunjungi:

    Pentingnya ukuran pipa yang tepat pada sistem pompa air

    Penjelasan singkat mengenai penyebab kerusakan pada pompa air

    BalasHapus
  6. Apa pengaruh kecepatan motor penggerak pompa terhadap debit air?

    BalasHapus


  7. Kepada Yth,
    Perusahaan Di Tempat
    From : Adi jaya kusuma
    Up : Finance/General Maneger
    Perihal : Penawaran Penerbitan Bank Garansi dan Asuransi (Non Collateral)

    Dengan hormat,
    Pada kesempatan ini, perkenankanlah kami dari Pt. Shorai Sarana Garansindo bermaksud mengajukan penawaran kerja sama dalam bentuk jasa penerbitan Bank Garansi dan Asuransi
    di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Perusahaan kami mempunyai fasilitas untuk penerbitan
    Bank Garansi dan Asuransi yaitu tanpa Agunan (Non Collateral) untuk semua proyek:

    Adapun Beberapa Produk yang Kami Tawarkan, antara lain:



    1. Jaminan Penawaran/Bid Bond 7. Harta Benda/Property
    2. Jaminan Pelaksanaan/Performance Bond 8. Angkutan Barang/Cargo
    3. Jaminan Uang Muka/Advance Payment Bond 9. Rangka Kapal /Marine Hull
    4. Jaminan Pemeliharaan/Maintenance Bond 10. Custom Bond
    5. Construction All Risk 11. Energy Upstream & Downstream
    6. Konstruksi & Rekayasa/Construction & Engineering 12. Tanggung Gugat Hukum/Casualty


    Daftar Rate Surety Bond dan Bank Garansi :

    Jenis Jaminan Surety Bond Bank Garansi

    1. Jaminan Penawaran 0,35%/Flat 3,00%/penerbitan
    2. Jaminan Pelaksanaan 0,35%/triwulan 4,25%/tahun
    3. Jaminan Uang Muka 0,45%/triwulan 4,50%/tahun
    4. Jaminan Pemeliharaan 0,40%/triwulan 4,25%/tahun


    Perusahaan Asuransi Pendukung Bank Pendukung

    1. PT. Asuransi Askrindo 1. Bank BRI
    2. PT. Asuransi ASEI 2. Bank BNI
    3. PT. Asuransi Jasindo 3. Bank Mandiri
    4. PT. Asuransi Jasa Raharja Putera 4. Bank Kaltim
    5. PT. Asuransi Sinarmas 5. Bank DKI
    6. PT. Asuransi Bosowa Periskop 6. Bank Sumsel
    7. PT. Asuransi Intra Asia 7. Bank BCA
    8. PT. Asuransi Mega Pratama 8. Bank Sinarmas
    9. PT. Asuransi Himalaya Pelindung 9. Bank Permata
    10. PT. Asuransi Central Asia 10. Bank Mutiara

    Demikianlah penawaran ini kami sampaikan, kami berharap dapat diterima dan dipertimbangkan, untuk kerjasama yang baik kami ucapkan terimakasih.

    Hormat kami,
    PT. SHORAI SARANA GARANSINDO Rate yang kami tawarkan di atas masih bisa di
    negosiasikan kembali Konfirmasi Hubungi : Adi Jaya Kusuma
    Hp : 0852 6641 4246
    Tel :(021) 2962 1778
    Fax. :(021) 2962 1776
    Adi jaya Kusuma
    Marketing Maneger




    BalasHapus
  8. Head tekanannya salah Om, Harusnya = P/Gamma atau P/Rho x g

    BalasHapus
  9. kalau pengen lebih gampang bisa pake software AFT aja
    semua bisa disimulasi-in di dalam software itu.
    pressure, flow, diameter pipa, elevasi dll.. semua mempengaruhi

    BalasHapus
  10. untuk jarak maksimum ketinggian pompa dari permukaan air yg di hisap ngitungnya gimana ya.?

    BalasHapus
  11. Mogon izin bertanya untuk daya hidrolis pompa, pressure gak termasuk?

    BalasHapus
  12. makasih buat tambahan referensi......

    BalasHapus
  13. bgus bnget ni ..
    owh ya bila balancing pipe pada pompa multi stage pressure DE dan NDe berbeda. Pengaruh nya apa ya?

    BalasHapus
  14. Dear Customer Exporter & Importer,
    INTERNATIONAL SEA & AIR FREIGHT FORWARDER
    PT.EUCON TRANSCO MANDIRI adalah perusahaan jasa yang sudah memiliki izin Import dari Bea & Cukai yang beralamat di Jakarta dan bergerak di bidang freight forwarder, Berminat untuk bekerjasama dengan perusahaan Bapak/Ibu dalam bidang Jasa sebagai berikut :

    I. JASA CUSTOMS CLEARANCE
    Service dari kami sbb:
    1. General Customs Clearance
    2. All-in Customs Clearance
    Including : Pajak Import, Biaya D.O, Sewa Gudang & other charges
    3. Importasi dengan system Door to door
    Regional Asia, Eropa dan Amerika
    4. Biaya D/O sewa gudang/penumpukan,gerakan sesuai kwitansi pihak-pihak terkait.

    II. JASA UNDERNAME
    Importir yang belum memiliki Lisensi Import Bisa Consigne/Penerima atas nama perusahaan PT.EUCON TRANSCO MANDIRI memberikan fasilitas undername berdasarkan Commoditas Import, Lisensi Import PT.Eucon Transco Mandiri Adalah :
    - N P W P
    - A P I-U
    - S R P/N I K
    - N P I K
    - IT (Elektronik)
    - IT (Besi/Baja)
    - IT (Pakaian Jadi)
    - Estimasi untuk pengurusan 7 hari sejak dokumen lengkap kami terima.

    III. BAG HS CODE ( LEGALITAS IMPORT UNDERNAME )
    - BAG I ( HS NO. 0101 s/d 0511 ) Produk Hewan
    - BAG II ( HS NO. 0601 s/d 1404 ) Product nabati
    - BAG III ( HS NO. 1501 s/d 1522 ) Makanan Hewan
    - BAG IV ( HS NO. 1601 s/d 2403 ) Bahan Makanan & Minuman
    - BAG V ( HS NO. 2501 s/d 2716 ) Produk Mineral
    - BAG VI ( HS NO. 2801 s/d 3826 ) Bahan Kimia ( Chemical )
    - BAG VII ( HS NO. 3901 s/d 4017 ) Plastik & Barang dari Plastik
    - BAG XI ( HS NO. 5001 s/d 6310 ) Textile & Barang Textile
    - BAG XIII ( HS NO. 6801 s/d 7020 ) Batu & Produk Keramik
    - BAG XV ( HS NO. 7202 s/d 8311 ) Logam mulia ( Besi & Baja )
    - BAG XVI ( HS NO. 8401 s/d 8548 ) Mesin & Peralatan Mekanis
    - BAG XVII ( HS NO. 8601 s/d 8908 ) Kendaraan & Perlengkapannya
    - BAG XXI ( HS NO. 9701 s/d 9803 ) Seni & Kolektor
    - BAG XX ( HS NO. 9401 s/d 9619 ) Hasil Pabrik

    IV. JASA TRANSPORTASI
    PT.EUCON TRANSCO MANDIRI melayani pengiriman/distribusi barang domestics ke-seluruh Nusantara. Covarage Area Distribusi Domestics PT. Eucon Transco Mandiri adalah:
    - Jawa
    - Bali
    - Sumatera
    - Kalimantan
    Untuk Via Darat kami menggunakan angkutan :
    - Colt Diesel
    - Fuso Engkel
    - Tronton
    - Buil Up
    Kami juga melayani Via Laut & Udara, dan kami juga memiliki cabang di beberapa daerah.



    Demikian perkenalan ini kami sampaikan, satu kebanggaan besar bagi kami bila dapat bekerjasama dengan perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin,
    Atas perhatian dan kepercayaan yang diberikan, kami ucapkan terima kasih.

    Regards,

    SUDIRMAN
    HP.0852 1111 6848
    E-mail: sudirman.eucon@gmail.com
    ==========================================================================
    PT. EUCON TRANSCO MANDIRI (EUCON Logistics)
    IEC BUILDING, ROOM 114
    Jl. Jatinegara Barat No. 166-H Jakarta, 13330 Indonesia
    Telp: (+6221) - 851 6777 / Fax: (+6221) - 8591 6537
    E-mail: info@euconlogistics.com
    Situs Web: www.euconlogistics.com

    BalasHapus
  15. Perihal pompa silakan baca blog http://soemarno.org/2009/01/08/perbaikan-pompa-centrifugal/

    Trimakasih
    Fatkur R
    Mechanical / Rotating Engineer
    Perkasa Eng

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mau tanya pak..mungkin bapak tahu arti tulisan 3/4 atau 6/6 ....contoh : 3/4 LRB (1) 51 atau 6/8 LRB (1) 40...

      Hapus
  16. assalamualaikum...
    saya mohon bantuan nya untuk menyelesaikan TA S1 saya
    pengertian mengenai wearing impeler pada pompa multi stage..
    jika ada mohon bantuan nya kirim ke email saya..
    addi.maulana@gamil.com
    terima kasih

    BalasHapus
  17. Mantapp gan, infonya sangat membantu.. kalau butuh hidrolik silahkan kontek ane

    0822 1040 9885 / aber@densuko.co.id


    Tinggal sebut kapasitas, kami siap membantu :)

    ABER Hidrolik, COCOK untuk DUMP TRUCK, CRANE, dan ALAT-ALAT INDUSTRI. Pemasangan yang Mudah dan Top Kualitas menjadikan ABER hidrolik yang dapat memenuhi semua kebutuhan Anda.
    ABER Ready Stok, tinggal sebut kapasitas Hidrolik Anda !!
    !!Kualitas Pompa yang Baik Menentukan Produktivitas Anda!!
    ganti ABER sekarang

    BalasHapus
  18. Makasi bang agan.. sangat membantu sekali infonya buat sy yg lg belajar tentang pompa hehe.. Izin copy ya buat baca2 lg.. makasi

    BalasHapus
  19. cara menghitung bebab yang diterima bearing pada pompa yang dayanya 45KW dan kecepan 1480 rpm berapa ya?

    BalasHapus
  20. saya ada masalah dengan plan pompa saya, saya mau konsultasi boleh minta nomer kontak bapak, terima kasih

    BalasHapus
  21. Pak saya mau buat spray, jumlahnya 30 ttk, ukuran nossel 1/4 inch, berat jenis air 2, pipa spray nya ukuran 1/2 inch, jarak pompa ke area spray 12 meter,jarak pompa ke air 1 meter...mohon bantuan nya utk mencari spesifikasi pompanya,,sebelum nya saya ucapkan terima kasih

    BalasHapus
  22. malam mas broo, info yg sangat membantu. Mau tanya juga ini mas broo bagaimana cara menghitung produktivitas pompa sentrifugal pada tambang semprot ya. makasih

    BalasHapus
  23. Pada pemasangan pompa,tolong d8jelaskan apakah diameter pipa suction lebih kecil dari pipa discharge?

    BalasHapus
  24. rumus menghitung daya pompa tersebut di ambil dari buku apa yah biar bisa saya pelajari..tolong informasi ny

    BalasHapus
  25. Mohon informasi,
    dalam aplikasi ada yang menggunakan sistem Positive suction dan Negative suction. Dapat di jelaskan kapan kita dapat menggunakan sistem tersebut serta kelebihan & kekurangan sistem tersebut.

    BalasHapus
  26. mohon bantuannyaa, kalau buat coloumn atau colloumb pada pompa vertikal multistage itu fungsinya apa yaa?

    BalasHapus
  27. mohon bantuannyaa, kalau suction bowl itu fungsinya apa yaa?

    BalasHapus
  28. Mahon bantuannya...
    Saya mau ngalirkan air yang jaraknya satu setengah kilo meter dari sumber ke bak penampung. Saya sudah punya pipa berdiameter 1 1/4 inch. Tinggi bak ke sumber air sekitar 3m saja. Kebutuhan. Air 5000liter per hari.
    Pertanyaan saya pompa berkapasitas berapakah yang harus saya pasang?? Mohon rekomendasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang , saya hasan dari pt. axia multi sarana, perusahaan saya bergerak dibidang mesin pompa, dgn brand fairbank nijhuis dan southern cross, kalau boleh tau ini utk di aplikasikan di bidang apa? kita bisa bantu utk solusinya . bisa email ke hasan.axia@gmail.com

      Hapus
  29. mohon penjelasannya mas maaf sebelumnya
    untuk menentukan daya pompa nilai 75 itu dari mana ya mas?
    mohon di jawab ya mas tks

    BalasHapus
  30. Mengapa Tekanan ideal pada propeler pompa kadang berbeda dengan kondisi dilapangan ya kak? dan apakah rumus tersebut bisa digunakan untuk menghitung harga pompa solar ?

    BalasHapus
  31. Customer Yth.

    Perkenalkan PT GLOBAL BARONA PERKASA, perusahaan kami memberikan pelayanan import Door to Door service dengan tarif terbaik berdasarkan berat (Kg) atau volume (M3) cepat, tepat, aman serta menjujung tinggi kepercayaan serta menjalin kerja sama yang baik dengan stake holder,,

    Airfreigt : Pengiriman Door to Door melalui via udara dari berbagai negara yaitu : Usa, Eropa, Singapore, Hongkong, Taiwan, Bangkok, Shanghai, Quangzhao, Korea.

    Seafreight : Pengiriman Door to Door melalui via laut dari berbagai negara yaitu : Usa, Eropa, Singapore, Hongkong, Taiwan, Shanghai, Quangzhu, dan korea.

    Untuk harga dan tarif terbaik dan waktu pengiriman mohon hubungi kami

    Thanks,

    MARIO WINATA
    PT GLOBAL BARONA PERKASA
    Phone: 021-22716626
    Fax : 021-22716636
    Hp/Wa : 08128303956
    E-mail: mariowinatagbp@gmail.com
    E-mail: info@pt-gbp.com

    BalasHapus
  32. Saya baru buka web ini..
    terima kasih sudah membagikan ilmu yg bermanfaat buat yang membacanya

    BalasHapus
  33. Kepada Yth
    Bapak / Ibu
    Ditempat


    Salam Hormat.
    Mohon maaf sebelum nya jika email kami ini mengganggu aktifitas Bapak/Ibu, Perkenalkan kami dari
    PT. SENTRAL JAYA SINDICO International Freight Forwarders, Custom Clearance, Custom Consultant And Land Transportation Service. Dengan Kompetensi tinggi dalam semua aspek jasa pengangkutan, didukung oleh jaringan yang luas, pelayaran dan custom,
    PT. SENTRAL JAYA SINDICO ,memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menangani setiap aspek kebutuhan pengiriman barang Anda.

    - Jasa Customs Clearance Import Via Udara [Soekarno-Hatta dan Halim Perdana Kusuma]

    - Jasa Customs Clearance Import Via Laut [LCL / FCL 20feet / 40feet dll]

    - Under name / perizinan impor [perusahaan Lokal / Sewa]

    - Bea Impor Grosir [All-In] via Laut dan Udara]

    - Domestik via Laut, Darat dan Udara ke seluruh Indonesia

    - Cara konsultasi gratis untuk mengimpor

    - Service Door to Door

    - Agensi: Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan Australia

    Ijin yang kami miliki antara lain :

    * API dengan XX bagian HS
    * SPI Besi Baja
    * LS Alas Kaki
    * LS Electronic
    * LS Mainan
    * LS Pakain jadi

    * LS Garment




    "Jangan pernah memutuskan komunikasi sebelum anda menghubungi PT SENTRAL JAYA SINDICO untuk memastikan bahwa anda sudah mendapatkan Respon/penawaran harga yang terbaik. Kehadiran kami disini ingin membantu perusahaan anda meningkatkan efisiensi biaya dalam transportasi / mobilisasi Barang2 yang ada di perusahaan Bapak/Ibu Pimpin, sekali lagi misi kami adalah ingin menjalin kerja sama yang Saling mengutungkan dalam jangka waktu yang lama" salam sukses selalu.

    Demikian Penawaran dari kami, atas pertimbangan dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.

    Thank's & Best Regards

    Rama yadi


    PT. SENTRAL JAYA SINDICO

    Perum Lavender Residence Ruko A No.1
    Jl. Raya Kranggan Jati Sampurna Bekasi Jawa Barat
    Phone : 021-844 0597
    Hand Phone : 0813 1552 1133

    BalasHapus
  34. --
    Kami PT. Kencana Multi Indonesia Melayani impor Undername, Door To Door, Borongan, Untuk barang yang sudah terlanjur masuk di Pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Perak, Belawan,maupun Bandara Soetta yang tidak punya Data Lengkap kami bisa bantu.

    Best regards

    HARIS WIRADIKA
    Call /Wa : +62812 3766 8158
    Email : haris.wiradika@gmail.com

    | PT. Kencana Multi Indonesia | Gd IEC Building Room 112 | Jalan Jatinegara Barat No.166H Jakarta ( 021 ) 857 1208
    www.kmiindonesia.com

    Note :
    Kami tidak menerima barang2 larangan seperti Airsoft Gun, Alkohol, Obat-obatan terlarang & Kimia, terutama kimia yang tidak disertai MSDS (Material Safety Data Sheet).

    Kami tidak bertanggung jawab/tidak akan mengganti kerugian apabila didapati adanya barang2 bahaya/larangan tersebut.

    Dan apabila diketahui barang membahayakan maka kami akan melapor kepada pihak yang berwajib.

    BalasHapus
  35. http://adiarthaprihananto.blogspot.com/2018/08/cara-memilih-kapasitas-pompa-untuk.html
    nih contoh soal nya

    BalasHapus
  36. artikel yang baik sangat bermanfaat trimaksih, slam kenal

    https://www.jualboiler.com/2018/08/20/jual-pompa-ksb-pump-cairan/

    BalasHapus
  37. Tulisan yang sangat berbobot . Terimakasih .

    BalasHapus
  38. Mantap kang mas, cuma clearence untuk shaft sleeve dalam berbagai ukuran shaft blm ada keterangan tolong kang mas tampilkan supaya kita lebih faham lagi,, Salam

    BalasHapus
  39. MANTAF KANG...TAPI KALAU KITA PAKE FORMULA DIATAS UNTUK DESIGN POMPA BUTUH WAKTU YANG LAMA...ADAKAH SOFTWERE YANG BISA ANALISA POMPA?

    BalasHapus
  40. Dear all
    mohon bantuan menghitung design layout piping paralel jika suction pompa 3" jumlah pompa 5 unit berapa diameter header pompa yang harus saya buat, mohon dishare formulanya . thanks

    BalasHapus
  41. mohon balaz ke email di bawah ini :

    fferrytambunan@gmail.com

    BalasHapus
  42. Kepada Yth,

    Up.IMPORT DEPT/PURCHASING.

    Di Tempat,

    Perihal jasa handling import & Door To Doo/Under Name Customs clearance

    Kami dari,PT.BINTANG LANGGENG ABADI Jasa Import Borongan.PT.BINTANG LANGGENG ABADI Telah Membuktikan Kualitas yang Sangat Baik Dengan Harga Yang Paling Murah, Cepat, Terpercaya,Telah Menjadikan Rekan Bisnis Terpecaya Dalam Jasa Import Borongan.Trading, Pengiriman barang Via SEA &AIR

    bahwa waktu pengiriman By Sea 25-40 hari By Air 5-7 hari Door To Door Service ( All-In )

    1. Menerima Pick Up barang ditempat supplier.

    2. Menerima pengiriman dari Manca Negara (World Wide ) China,Honkong,Abudhabi,

    Thailand, Taiwan, Singapore, German, USA, Dan Lain-lain)

    3. Di antar barangnya hingga tujuan

    4. Semua barang Bergaransi 100% Untuk Barang yang Hilang Maupun Rusak

    5. Penjewaan under name,apa bila impotir tidak lengkap ligalitas import nya

    Harapan kami, penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama yang baik, sehingga dapat berkesinambungan di masa yang akan datang.Jika perusahaan bapak/ Ibu berminat kami siap membantu yang terbaik .

    Demikian surat penawaran ini kami tawarkan, sambil menunggu jawaban dari perusahaan Bapak/Ibu,

    Besar harapan kami semoga bisa terwujud hubungan kerja sama yang baik dan amanah,

    Semoga ini langkah awal kita untuk menjalin kerjasama yang baik trimakasih.


    HORMAT KAMI
    PT.BINTANG LANGGENG ABADI
    TAUFIK
    Hp/Wa: 0811 989 703
    Wa/Hp: 081225771400
    Office : Gedung Pembina Graha Lt.1
    Jl.D.I Panjaitan N0.45 Jakarta timur
    Phone : 021-2289 2610 (Hunting)
    Fax : 021-8591 4024
    E-mail:taufik.bla70@gmail.com
    Email:info.bintangla@gmail.com
    www.bintanglanggeng.com

    BalasHapus
  43. Kepada Yth,Up.IMPORTDEPT/PURCHASING. Di Tempat, Perihal jasahandling import & Door To Doo/UnderName Customs clearance Kami dari,PT.BINTANG LANGGENG ABADI Jasa Import Borongan.PT.BINTANG LANGGENG ABADI Telah Membuktikan Kualitasyang Sangat Baik Dengan Harga Yang Paling Murah, Cepat, Terpercaya,TelahMenjadikan Rekan Bisnis Terpecaya Dalam Jasa Import Borongan.Trading,Pengiriman barang Via SEA &AIRbahwa waktupengiriman By Sea 25-40 hari By Air 5-7 hari Door To Door Service ( All-In )1. MenerimaPick Up barang ditempat supplier.2. Menerimapengiriman dari Manca Negara (World Wide ) China,Honkong,Abudhabi,    Thailand, Taiwan, Singapore, German, USA,Dan Lain-lain)3. Di antarbarangnya hingga tujuan4. Semuabarang Bergaransi 100% Untuk Barang yang Hilang Maupun Rusak5. Penjewaanunder name,apa bila impotir tidak lengkap ligalitas import nyaHarapankami, penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama yang baik, sehinggadapat berkesinambungan di masa yang akan datang.Jika perusahaan bapak/ Ibuberminat kami siap membantu yang terbaik .Demikiansurat penawaran ini kami tawarkan, sambil menunggu jawaban dari perusahaanBapak/Ibu,Besarharapan kami semoga bisa terwujud hubungan kerja sama yang baik dan amanah,Semoga inilangkah awal kita untuk menjalin kerjasama yang baik trimakasih.
    HORMAT KAMIPT.BINTANG LANGGENG ABADI
    TAUFIK 
    Hp/Wa: 0811 989 703
    Wa/Hp: 081225771400
    Office   : Gedung Pembina Graha Lt.1
    Jl.D.I Panjaitan N0.45 Jakarta timur
    Phone   :  021-2289 2610 (Hunting)
    Fax        :  021-8591 4024
    E-mail:taufik.bla70@gmail.com
    Email:info.bintangla@gmail.com
    www.bintanglanggeng.com 

    BalasHapus
  44. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk Boiler,cooling tower chiller dan waste water treatment ,evapator Oli Industri defoamer dll untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    WA 081310849918
    Terima kasih

    BalasHapus
  45. Kalau suction pipe terlalu panjang dampaknya di pompanya apa yaa

    BalasHapus
  46. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Oli Grease

    BalasHapus
  47. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Oli Grease

    BalasHapus
  48. Dear : Custumer Import & Domestics
    Kami dari TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Berikut Attecment terlampir.

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang ingin dipertanyakan, silahkan hubungi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id

    BalasHapus
  49. Kepada YthUp.Bag Import.Di Tempat,Perihal jasa handling import & Door To Doo/UnderName Customs clearanceKami dari,PT.C&JSUKSES MULANO Telah MembuktikanKualitas yang Sangat Baik Dengan Harga Yang Paling Murah, Cepat, TepatDanTerpercaya,Telah Menjadikan Rekan Bisnis Terpecaya Dalam Jasa Import Door ToDoor, All In .Trading, Pengiriman barang Via SEA &AIRBahwa waktu pengiriman By Sea 25-40 hari By Air 5-7hari Door To Door Service ( All-In )1. Menerima Pick Up barang ditempat supplier.2. Menerima pengiriman dari Manca Negara (World Wide )China,Honkong,Abudhabi,    Thailand, Taiwan, Singapore,German, USA, Dan Lain-lain)3. Di antar barangnya hingga tujuan4. Semua barang Bergaransi 100% Untuk Barang yangHilang Maupun Rusak5. Penjewaan under name,apa bila impotir tidak lengkapligalitas import nyaHarapan kami, penawaran ini dapat terwujud dalambentuk kerjasama yang baik, sehingga dapat berkesinambungan di masa yang akandatang.Jika perusahaan bapak/ Ibu berminat kami siap membantu yang terbaik .Demikian surat penawaran ini kami tawarkan, sambilmenunggu jawaban dari perusahaan Bapak/Ibu,Besar harapan kami semoga bisa terwujud hubungan kerjasama yang baik dan amanah, Kepada YthUp.Bag Import.Di Tempat,Perihal jasa handling import & Door To Doo/UnderName Customs clearanceKami dari,PT.C&JSUKSES MULANO Telah MembuktikanKualitas yang Sangat Baik Dengan Harga Yang Paling Murah, Cepat, TepatDanTerpercaya,Telah Menjadikan Rekan Bisnis Terpecaya Dalam Jasa Import Door ToDoor, All In .Trading, Pengiriman barang Via SEA &AIRBahwa waktu pengiriman By Sea 25-40 hari By Air 5-7hari Door To Door Service ( All-In )1. Menerima Pick Up barang ditempat supplier.2. Menerima pengiriman dari Manca Negara (World Wide )China,Honkong,Abudhabi,    Thailand, Taiwan, Singapore,German, USA, Dan Lain-lain)3. Di antar barangnya hingga tujuan4. Semua barang Bergaransi 100% Untuk Barang yangHilang Maupun Rusak5. Penjewaan under name,apa bila impotir tidak lengkapligalitas import nyaHarapan kami, penawaran ini dapat terwujud dalambentuk kerjasama yang baik, sehingga dapat berkesinambungan di masa yang akandatang.Jika perusahaan bapak/ Ibu berminat kami siap membantu yang terbaik .Demikian surat penawaran ini kami tawarkan, sambilmenunggu jawaban dari perusahaan Bapak/Ibu,Besar harapan kami semoga bisa terwujud hubungan kerjasama yang baik dan amanah,   
    --
    HORMAT KAMI,PT.C&J SUKSES MULANO


    TAUFIKHp ;0811989703Wa:081225771400JL.Raya Bogor Km.21 No.18
    Jakarta Timur 13230Tlp:021-2247 6500Fax:021-2247 6481E-mail:import.suksesmulano@gmail.com

    BalasHapus
  50. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical

    BalasHapus
  51. Semua terima kasih kepada ibu KARINA ROLAND karena telah membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang bersikeras untuk menjadi pemberi pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan yang saya dapatkan hanyalah scammer, saya mendaftar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya putus asa sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya sedang mencari dan saya menetap untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali saya pikir itu adalah penipuan tetapi saya melakukan apa yang diminta untuk saya lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND memberi tahu saya dalam waktu kurang dari 24 jam Anda dapat dengan aman pinjaman saya saya tidak percaya Karena saya pikir itu juga penipuan sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur keesokan paginya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk mengonfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi begitu saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127.000,00 USD yaitu Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman secara online dan bank saya Manajer kaget jika ada masih perusahaan pinjaman online yang nyata dan sah saya sangat senang semua terima kasih kepada MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itulah sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum melamar dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam Hormat kepada siapa saja yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1 (585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  52. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  53. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    Coagulan
    Flokulan
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Garment wash
    Eco Loundry
    Paper Chemical
    Textile Chemical
    Coagulant
    Flokulan,nutrisi, bakteri
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide
    Thinner
    Macam 2 lem
    Alat-alat listrik

    BalasHapus
  54. PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Keterangan tambahan :
    1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
    2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    3. SPI-PI Besi Baja,
    4. SPI-PI Produk Kehutanan,
    5. SPI-PI Barang Bekas,
    6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
    7. Produk-produk Lartas SNI
    8. LS ( Laporan Surveyor )
    9. LS Alas kaki
    10. LS Garment
    11. LS Textile
    12. LS Electronik

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
    Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id


    BalasHapus
  55. terima kasih ilmunya Mas Broo

    BalasHapus